STRATEGI PEMASARAN MEDIA SOSIAL PADA UMKM MAKANAN DAN MINUMAN


 Media sosial menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan banyak orang diseluruh dunia. Di Indonesia, jumlah pengguna media sosial mengalami perkembangan pesat. Berdasarkan data We Are Social (2024), jumlah pengguna media sosial mencapai 139 juta atau sekitar 49,9% dari total populasi masyarakat Indonesia. Angka ini diprediksi akan naik sebanyak dua kali lipat di tahun 2026 dengan total pengguna bisa mencapai 81,82%.  Lima jenis media sosial paling banyak digunakan adalah Whatsapp sebesar 34,8%, Instagram 19,6%, tiktok 17,7%, facebook 11,6% dan twitter 6,9% (We Are Social,2024). Waktu paling lama yang digunakan adalah pada media sosial tiktok sebesar 34 jam, youtube sebesar 28 jam, facebook sebesar 19 jam, whatsapp sebesar 17 jam  dan Instagram sebesar 15jam. Alasan terbesar masyarat dalam menggunakan media sosial adalah ingin terus terhubung dengan keluarga dan teman terdekat serta mengikuti berita terkini yang sedang menjadi pembicaraan hangat.  

Post a Comment

أحدث أقدم